IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   Sinergi untuk customer satisfaction

Jakarta– Sinergi antar anak perusahaan dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada para mitra kerja dari kedua belah pihak. Terutama bagi Patra Niaga yang mempunyai mitra kerja dan pasar cukup luas, hal yang menjadi kendala bagi Patra Niaga selama ini adalah belum adanya pelayanan bunker yang baik. Demikian dikatakan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Djaelani Sutomo setelah menyaksikan penandatanganan MoU antara Patra Niaga dan Pertamina Tongkang, (25/9). Bagi Pertamina Tongkang sinergi ini sangat menguntungkan. “Untuk Tongkang yang memiliki banyak kapal dan telah memiliki izin, sedangkan Patra Niaga memiliki pasar ini merupakan sinergi yang sangat baik. Jika peluang yang ada ini tidak dimanfaatkan secara maksimal sangat sayang,” tukas Djaelani.

Lebih lanjut Djaelani menjelaskan, dengan bergabungnya dua anak perusahaan Pertamina ini berarti membentuk suatu perusahaan bunker bersama. “Jadi barang yang diangkut sebisa mungkin harus melibatkan keduanya. Itulah yang disebut dengan transparansi. Kalau ada yang kurangkurang baik itu dari Pertamina Tongkang maupun Patra Niaga nya harus dibenahi langsung. Atau sebaliknya,” jelasnya.

Menurut Djaelani, untuk jangka waktu kerjasama ini akan ditinjau kembali disesuaikan dengan jumlah kebutuhannya. “Semua akan dilihat tergantung dari kebutuhan. Kalau mereka bisa panjang dan ini bisa menjadi perusahaan bunker yang besar tidak hanya di dalam negeri tetapi internasional, kenapa tidak? Karena memang potensi pasarnya sangat besar, yang selama ini belum direngkuh karena membutuhkan dana yang cukup besar,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Patra Niaga Iqbal Hasan mengatakan bahwa sesama anak perusahaan harus bersinergi demi mendukung kemajuan Pertamina. Karena jika Pertamina maju sudah tentu bangsa ini pun ikut maju. “Untuk itu kami akan terus melakukan kerjasama seperti ini dengan anak perusahaan Pertamina yang lain untuk lebih memberikan sinergi kepada Pertamina. Seperti dikatakan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga, sinergi ini sangat baik dan akan kita rebut bunker-bunker di seluruh wilayah Indonesia untuk kemajuan Pertamina,” tandasnya.

“Sebagai perusahaan yang ingin go international, harus mulai merambah ke luar negeri agar perusahaan ini dapat dikenal secara internasional sebagai perusahaan yang besar yang bisa melayani kapalkapal di dunia internasional,” papar Iqbal.

Untuk target kesepakatan ini, lanjut Iqbal, setelah ditandatangani, sudah harus mulai melihat peluangpeluang yang ada. Apakah nantinya dimulai dari Singapura atau dimulai dari Kalimantan itu yang akan diputuskan bersama.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: