IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   Pertamina Raih Greatest Corporate & Product Brand of the Decade 2010

Senior Vice Pre-sident Pemasaran Pertamina Hanung Budya menerima penghargaan dari MarkPlus Inc., sebagai Greatest Corporate kategori Industri Resources, dan Product Brand. Penghargaan diserahkan oleh Presiden dan Pendiri MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya di Four Seasons Hotel, Jakarta, (27/5).

Penobatan Pertamina sebagai Greatest Corporate Brand of The Decade In Resources Industry ini dengan pertimbangan Pertamina sebagai perusahaan terbesar kedua berdasarkan asetnya, kini semakin lincah dalam menghadapi persaingan penjualan dan distribusi bahan bakar minyak (BBM). Pertamina yang memiliki skala bisnis yang begitu besar dari hulu ke hilir di bidang migas, kian jeli dalam memfokuskan pengembangan pada aspek yang dekat dengan kehidupan sehari-hari pelanggan.

Secara bersamaan, Pertamina mampu membenahi bisnis pelumas dan SPBU Pertamina yang mencerminkan wajah sehari-hari, dengan peningkatan kualitas produk dan layanannya. Pembenahan yang dilakukan bebarengan dengan liberalisasi sektor migas di Indonesia, tak membuat Pertamina patah semangat. Pertamina berhasil mengatasi tantangan bisnis dengan pemain asing, dan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Kepercayaan terhadap SPBU Pertamina misalnya terus meningkat yang membuat pemain global kerepotan menarik konsumen.

Sedangkan, untuk Product Brand, Pertamina mendapatkan penghargaan untuk dua produknya, yaitu Pertamax dan Mesran. Penghargaan bagi Pertamax menjadi angin segar, sekaligus mengkukuhkan tingkat popularitas Pertamax, yang merupakan salah satu simbol sukses transformasi besar-besaran Pertamina sejak tahun 2000-an. Kesuksesan ini, tak lepas dari upaya Pertamina memperbaiki image SPBU sebagai jaringan distribusi Pertamax, dengan kampanye “Pertamina Pasti Pas”. Keunggulan jaringan distribusi ini membuat Pertamax sebagai bahan bakar beroktan tinggi kian mudah didapat, dan menjadi referensi komunitas otomotif yang mulai menggalakkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi.

Sementara penghargaan yang diterima Mesran, yang merupakan produk Pelumas Pertamina, menunjukkan ketangguhannya ditengah persaingan produk pelumas impor lainnya. Mesran sempat menguasai pasar pelumas nasional pada tahun 2001, namun ketika pemerintah mengeluarkan Keppres No.21 Tahun 2001 tentang Penyediaan dan Pelayanan Pelumas, Mesran terus disusul oleh pesaingnya. Mesran terus mengembangkan citra dan positioning-nya di benak konsumen. Dan keunggulan pada pemakaian Mesran adalah karena harga dan kemudahan produk ini diperoleh.

Penganugerahan brand terbaik sepanjang dekade ini dilakukan berdasarkan pada tiga hal, antara lain Pertama, Brand  tersebut  sudah ada di  tahun 2000, dan  tetap  langgeng  sampai penghujung tahun 2009.   Kedua, Brand tersebut menyimpan cerita bisnis fenomenal di tengah dekade 2000-2009. Ketiga, Brand tersebut memiliki reputasi sebagai thought-leader atau market-leader yang tidak mudah untuk digoyahkan, di industri, sepanjang kurun waktu 2000-2009.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden dan Pendiri MarkPlus, Inc., Hermawan Kartajaya, mengatakan bahwa Indonesia sukses menghindari masa 2009 yang mencekam seperti yang diprediksi banyak orang. Menurutnya, sepanjang tahun 2009, perekonomian dunia memang dilanda krisis besar, tapi Indonesia bersama Tiongkok dan India hanya mengalami “economic downturn“. “Bahkan, ketiga negara inilah yang sekarang disebut sebagai ‘pemimpin’ kebangkitan kembali ekonomi global di tahun 2010,” ungkapnya.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: