IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   Pertamina EP Tandatangani PJBG Senilai 265 Juta Dolar AS

Pertamina EP sebagai produsen minyak dan gas terbesar kedua di Indonesia pada tahun 2009, pencapaian produksi minyak Pertamina EP berhasil menembus angka 127,5 ribu barel per hari. Angka tersebut berada di atas target yang ditetapkan sebesar 125,5 ribu barel per hari. Sementara itu, produksi gas Pertamina EP pada tahun 2009 mencapai 1,04 miliar kaki kubik per hari. Selanjutnya pada tahun 2010, produksi minyak Pertamina EP masih berada di atas 130 ribu barel per hari dan gas di atas 1 miliar kaki kubik per hari.

Untuk memberikan dorongan kuat terhadap BP Migas dalam memenuhi kebutuhan gas di dalam negeri, Direktur Eksplorasi dan Pengembangan Pertamina EP Syamsu Alam menandatangani empat kesepakatan terkait jual beli gas dengan total nilai kontrak mencapai 265 juta dolar AS. Penandatanganan dilakukan di Kantor BP Migas Jakarta, Jumat (19/2).

Adapun kesepakatan perjanjian ju-al beli gas yang ditandatangani oleh Pertamina EP terdiri dari; Pertama, Head of Agreement (HoA) dengan PT Pertamina Gas untuk memenuhi proyek ngl Plant sumatera selatan; Kedua, PJBG dengan PT Medco E & P Indonesia untuk peningkatan produksi minyak; Ketiga, Perjanjian jual Beli Gas (PJBG) dengan PT Pelangi Cakrawala Losarang untuk industri di Losarang, Jawa Barat, dan Keempat, PJBG dengan PT Tossa Sakti untuk industri di Jawa Tengah.

Dengan ditandatanganinya keem-pat perjanjian tersebut, Syamsu Alam mengatakan bahwa Pertamina EP berkomitmen untuk memasok gas lebih dari 71,2 miliar kaki kubik kepada konsumen yang sekaligus mengukuhkan posisi Pertamina EP sebagai pemasok gas terbesar untuk kebutuhan domestik.

HoA ditandatangani oleh Pertamina EP dengan PT Pertamina Gas untuk NGL Plant di Sumatera Selatan. Total volume pasokan ke Pertamina Gas sebesar 65359,00 TBTU. Perjanjian ini berlaku selama 15 tahun sejak 1 Januari 2013.

PJBG dengan PT Medco E&P Indonesia adalah untuk keperluan bahan bakar stasiun pemompaan ulang di Pengabuan, Serdang dan Ibul, Sumatera Selatan. Untuk perjanjian ini, total volume 1395,96 TBTU. Perjanjian ini berlaku sejak 27 April 2009 sampai dengan 27 november 2013 atau terpenuhi total pasokan, mana yang tercapai terlebih dahulu.

Selanjutnya, PJBG yang yang ditandatangani oleh Pertamina EP dengan PT Pelangi Cakrawala Losarang tentang jual beli gas untuk keperluan industri di Losarang, Indramayu, Jawa Barat. Total volume 6230,00 TBTU dan perjanjian ini berlaku sejak 18 Desember 2008 sampai dengan 31 Desember 2018 atau terpenuhinya total pasokan, mana yang tercapai terlebih dahulu.

Selain itu, PJBG yang ditandatangani dengan PT Tossa Shakti tentang jual beli gas untuk keperluan pabrik kaca di Jawa Tengah. Total volume 1460,00 TBTU dan perjanjian ini berlaku sejak 1 Januari 2010 sampai dengan 31 Desember 2011.

Produksi gas Pertamina EP merupakan penopang terbesar dari total produksi gas Pertamina secara keseluruhan. Sedangkan saat ini Pertamina adalah produsen gas terbesar untuk kebutuhan domestik. Dari jumlah tersebut 28 persen dipasok kepada Perusahaan Gas Negara (PGN), 22 persen untuk memenuhi kebutuhan industri, 18 persen untuk industri pupuk, 18 persen untuk pasokan ke pambangkit listrik, dan 14 persen lainnya untuk kebutuhan Kilang Pertamina dan pemakaian sendiri.

Kinerja Pertamina EP terus mengalami peningkatan yang signifikan. Produksi Minyak Pertamina EP terus mengalami peningkatan sejak 2003 dengan tingat pertumbuhan rata-rata (Capital Average Gross Ratio/ CAGR) mencapai 3,1 persen dari level produksi 95,6 ribu barrel perhari (MBOPD) di 2003 menjadi 102,2 MBOPD di 2006. Produksi ini mengalami pertumbuhan 6,7 persen di 2007 menjadi 110,3 MBOPD dan kembali naik sebesar 7,8 persen di 2008 dengan produksi rata-rata Pertamina EP 2008 mencapai 116,6 MBOPD. Pada tahun 2009, Pertamina EP berhasil meningkatkan realisasi produksi sebesar 9 persen dengan pencapaian 127,1 MBOPD.MPI



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: