IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   mySAP Pertamina, Mengubah Pola Pikir

Perubahan pengelolaan data transaksi bisnis sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dari SAP R/3 ke generasi mySAP 2005, merupakan suatu keharusan. Menurut Direktur Keuangan Ferederick ST Siahaan selaku Project Sponsor program penerapan ERP mySAP 2005, mungkin pada awalnya akan ada kekurangan di sana-sini. Menurutnya hal itu bisa dianggap sebagai penyakit bayi yang harus dapat kita sembuhkan dan kita perbaiki. “Jangan dijadikan satu keluhan yang tidak dapat diselesaikan. Semua pasti ada jalan keluarnya dan semua harus dapat diselesaikan,” tegasnya. Berikut paparan Direktur Keuangan pada saat Go Live mySAP (2/1) lalu, yang disusun dalam bentuk tanya jawab.

Bagaimana langkah kedepan dari keberadaan program mySAP 2005 ini?
Tidak ada lagi titik balik kebelakang, karena kita harus maju terus ke depan. Ini akan mencerminkan perubahan budaya dan mindset Pertamina untuk betul-betul menjadi satu entitas bisnis, kususnya menjadi perusahaan minyak dan gas kelas dunia.

Bagaimana dengan implementasi mySAP yang baru saja Go Live?
Implementasi mySAP bukanlah sektoral. BTP Implementasai SAP adalah salah satu program transformasi bisnis Pertamina, lebih dari sekedar program teknologi informasi. Jelas, proyek implementasi ini harus diwujudkan melalui kerjasama dari seluruh Direktorat di Pertamina. Artinya, seluruh lini di Pertamina sebaiknya memahami urgensi terlaksananya implementasi mySAP.

Menurut Anda, apakah Pertamina sudah siap dalam melakukan implementasi mySAP tersebut?
Mau tidak mau Pertamina harus siap melakukan migrasi tersebut. Yakni melakukan perubahan dari menggunakan sistem lama ke sistem baru. Dan ini merupakan satu tonggak baru atau milestone bagi perusahaan.

Begini, saya coba jelaskan bahwa dalam perubahan akan memerlukan banyak hal.

Pertama, perubahan terhadap budaya kerja yang baru khususnya disiplin. Hal ini yang perlu diperhatikan bukan saja bagi pekerja tetapi juga para pimpinan baik di pusat maupun unit-unit operasi, bahwa cara kerja baru ini diimplikasikan oleh sistem yang telah kita desain. Jadi pertama ownership-nya ada di kita dan tanggungjawabnya juga ada di kita juga.

Kedua, ini adalah BTP yang melibatkan banyak fungsi (cross directorate) bahkan para stakeholders, termasuk bank, konsumen, dan lain sebagainya. Karena itu, ini adalah BTP yang menurut saya membuktikan bahwa kalau kita mau, kita mampu. Ini juga merupakan salah satu BTP besar di Pertamina dan ini menjadi milestone yang baru kalau kita melakukan BTP-BTP yang lebih besar lagi di Pertamina.

Kita membuktikan bahwa kita mampu di tengah-tengah banyak kelemahan-kelemahan kecil yang harus diperbaiki. Dan saya kira ini normal. Namun ini membuktikan bahwa kita bisa menjadi world class company yang bukan saja impian dan kita buktikan di BTP mySAP ini yang menjadi satu BTP besar yang sekarang kita lakukan.

Kemudian dengan desain sistem yang baru, kita migrasi ke mySAP. Sekali lagi ini harus mengubah cara pandang dan paradigma kita. Seluruh transaksi yang kita lakukan harus accountable dan harus transparan serta semua orang harus mengerti apa yang harus dilakukannya.

Bagaimana dengan kendala-kendala yang akan muncul?
Kemungkinan setelah Go Live mySAP 2009 ini, bakal adanya masalahmasalah kecil. Saya juga akan meminta kepada para pimpinan unit, side champion, team champion serta lead champion yang memonitor, agar segera masalah-masalah minor ini kita komunikasikan. Jangan sampai masalahmasalah yang muncul setelah Go Live dibiarkan menumpuk sehingga kita nanti jangan sampai perlu lagi tim khusus untuk menyelesaikan hal itu. Karena begitu ada masalah kita harus selesaikan dengan segera dan mohon kita terbuka untuk berkomunikasi lebih intensif, dengan tim pamungkas.

Harapan kedepannya bagaimana?
Mudahmudahan dengan sistem yang baru ini, Pertamina bukan lagi menjadi perusahaan yang misterius. Pertamina dapat menjadi perusahaan yang lebih displin dan bisa mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan. Karena ada user ID yang diberikan ke fungsi dan otorisasi yang berhak untuk itu.

Untuk diketahui juga, bahwa sistem yang kita lakukan BTP mySAP ini bukan hanya upgrading sistem operasi Pertamina seperti kita upgrading dari windowsXp ke widows vista. Ini adalah sebuah sistem yang mengubah dan harus mengubah cara bekerja kita dan pola pikir yang baru kearah sistem yang kita desain ini adalah sistem yang kita desain bersama-sama.

Sistem yang kita  desain yang bukan didesain oleh konsultan, tapi kita adalah owner daripada sistem yang kita operasikan ini. Karena itu sistem ini merupakan milik kita bersama, kita jaga bersama dan bakal banyak implikasiimplikasi yang diperlukan dan saya minta dukungan dari semua unit dan juga tim posko serta super user yang membantu pelaksanaan Go Live hari ini dan seterusnya.

Sejauhmana komitmen dan dukungan terhadap sistem mySAP ini?
Tentang mySAP, kebijakan ini adalah keputusan seluruh direksi, anggota steering committee adalah adalah direksi. Jadi ini keputusan bulat seluruh direksi. Dengan hadirnya direksi pada hari Selala (2/1), (ketika GoLive mySAP, Red) itu merupakan salah satu dukungan penuh dari jajaran Direksi. Dan ini merupakan dukungan untuk menjadi perusahaan kelas dunia.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: