IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   Kelebihan dan Kekurangan Bio Diesel

Kita tahu bahwa penggunaan bahan bakar yang terbuat dari minyak bumi tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dan untuk mengatasi hal tersebut beberapa tahun belakangan ini marak sekali dikembangkan Bio Diesel, dan saat ini sudah banyak SPBU yang telah mengganti “dagangan” solar nya menjadi Bio Diesel.

Sebenarnya apa sih Bio Diesel itu?

Istilah Bio Diesel sebenarnya merujuk kepada bahan bakar diesel yang dihasilkan dari proses extact lemak binatang atau minyak dari tumbuhan yang digunakan untuk operasi standar mesin diesel. Karena sifatnya yang dapat diperbaharui dan cenderung lebih ramah lingkungan, Bio Diesel menjadi alternatif utama yang paling digemari saat ini untuk menggantikan pemakaian bahan bakar yang terbuat dari minyak bumi.

Tapi apakah penggunaan Bio Diesel tanpa efek apa-apa? Apakah ada kelebihan dan kekurangannya?

Sebenarnya, Bio Diesel sama seperti bahan bakar lainnya yang ternyata memiliki banyak kelebihan tetapi tetap memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini beberapa kelebihan maupun kelemahan yang dimiliki oleh bahan bakar jenis ini :

Kelebihan Bahan Bakar Bio Diesel

Sejauh ini, keuntungan terbesar didapatkan dengan penggunaan Bio Deisel adalah sifatnya yang bisa diperbaharui dan tidak beracun. Hal ini menjadikannya sebagai bahan bakar alternatif pembangkit listrik paling ramah yang tersedia saat ini. Dalam sebuah penelitian di Departemen Energi Amerika Serikat mengungkapkan bahwa penggunaan bahan bakar Bio Diesel dapat mengurangi emisi karbon dioksida disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil sebesar 75 persen.

Manfaat lainnya, bahan bakar Bio Diesel ini tidak mengandung bahan kimia beracun, seperti belerang, yang bertanggung jawab atas terjadinya emisi berbahaya. Bahkan, jika digunakan setiap hari menggantikan bahan bakar fosil bahaya seperti hujan asam bisa dihilangkan selamanya.

Selain itu, Anda tidak perlu merubah atau memodifikasi mobil diesel yang dimiliki untuk menggunakan bahan bakar Bio Diesel. Bahan bakar ini dapat dengan mudah dioperasikan pada mesin diesel standar.

Kelemahan Bahan Bakar Bio Diesel

Kandungan energi bio diesel diketahui 11 persen lebih kecil dari bahan bakar diesel yang berbasis minyak bumi. Ini berarti kapasitas pembangkit listrik dari mesin yang Anda gunakan akan menurun jauh ketika menggunakan Bio Diesel.

Kelemahan kedua yang terdapat pada Bio Diesel adalah memiliki kualitas oksidasi yang buruk sehingga Bio Diesel dapat menyebabkan beberapa masalah masalah serius ketika disimpan. Bila disimpan untuk waktu yang lebih lama, Bio Diesel cenderung berubah menjadi gel (lihat minyak goreng yang disimpan di kulkas), yang dapat menyebabkan penyumbatan berbagai komponen mesin. Bio Diesel ini juga dapat mengakibatkan pertumbuhan mikroba, sehingga menyebabkan beberapa kerusakan pada mesin.

Selain itu dampak paling serius yang dihadapi dengan penggunaan Bio Diesel adalah kelangkaan pangan akibat dialihkannya tanaman yang biasa dikonsumsi untuk dijadikan bahan bakar. Tanaman seperti tebu, jagung, kelapa sawit dan beberapa jenis komoditas lainnya cenderung mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan akibat dijadikan Bio diesel.

Nah, Anda telah mengetahui bagaimana keuntungan dan kekurangan yang dimiliki oleh Bio Diesel. Sekarang terserah Anda apakah tetap menggunakan bahan bakar fosil atau memilih untuk beralih menggunakan Bio Diesel.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: