IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   IQ dan kualitas sperma

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Rosalind Arden dan kawan-kawan, ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas sperma. Faktor utama yang sangat mempengaruhi adalah faktor kesehatan tubuh dan mental meliputi kepribadian, intelektualitas, dan kecakapan. Jadi, intelektualitas (IQ) merupakan salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang menentukan bagus tidaknya kualitas sperma.

Pada 1985, pemerintah Amerika Serikat pernah melakukan penelitian yang dinamakan Vietnam Experience Study. Penelitian tersebut mengambil sampel dari para tentara Amerika yang pernah berperang di Vietnam.

Sebelum berangkat perang, mereka menjalani banyak sekali tes kesehatan termasuk pengambilan sampel sperma. Kemudian Arden dan tim peneliti menggunakan data tersebut untuk meneliti hubungan IQ dengan kualitas sperma.

“Pria dengan yang cerdas dengan IQ tinggi memang cenderung memiliki sperma berkualitas,” ujar Arden.

Namun ia menambahkan, intelegensia bukanlah satu-satunya faktor penentu kualitas sperma yang baik.

Apa sih kualitas sperma yang bagus?

Sperma merupakan gen yang terdiri dari berbagai faktor. Sperma yang baik adalah sperma yang memiliki buntut panjang dan berbentuk oval. Dengan bentuk seperti itu, sperma akan lebih cepat menuju ovum dan proses pembuahan berjalan dengan sempurna.

Menurut Arden, untuk mendapatkan sperma yang baik, seorang pria harus mengonsumsi banyak makanan yang mengandung selenium, zinc dan asam folat.

Faktor kesehatan mental dan pikiran juga sangat berpengaruh pada produksi sperma yang berkualitas. Selain itu, pola hidup menjadi penentu juga amat menentukan. Konsumsi minuman beralkohol dan rokok bisa menurunkan kualitas sperma karena berdampak pada berkurangnya nutrisi untuk sperma.

Penerapan pola hidup sehat adalah cara cerdas meningkatkan kualitas sperma. Selain konsumsi makan sehat, ajak pasangan Anda berolahraga teratur. Hal itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sperma.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: