IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   Aviasi Pertamina Jamin Kualitas Produknya

Penerapan Quality Control System di bisnis aviasi merupakan hal yang penting dalam bisnis bahan bakar aviasi. Dalam rangka menjamin kualitas produknya, pihak Pertamina Aviasi sudah lama menerapkan hal tersebut. Hal inilah yang diangkat dalam Diskusi Keselamatan Penerbangan di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

Penjelasan tersebut di atas sekaligus menjawab banyak pertanyaan tentang keselamatan dunia penerbangan di tanah air yang akhir-akhir ini terkena banyak masalah. Dari masalah gagal landing, gagal take-off, hingga kecelakaan yang berakibat fatal dan penyebabnya pun beragam. Penyebab kecelakaan itu pun beragam, ada yang menyebut human error, kerusakan mesin, bahkan ada yang sempat mengaitkan masalah tersebut dengan kualitas salah satu produk Pertamina Aviasi yaitu Avtur Pertamina.

Sebab itulah, pihak Pertamina Aviasi di hadapan peserta seminat menegaskan bahwa Quality Control System merupakan jaminan kualitas produk aviasi Pertamina yang tidak mungkin diragukan. Quality Control System yang diberlakukan Aviasi Pertamina salah satunya dengan hanya menerima produk yang telah memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan. Juga, memastikan bahwa mutu produk yang diserahkan dalam setiap supply chain tidak berubah.

Untuk menjamin kualitas produk, masalah operasional di lapangan juga tak dilupakan Pertamina Aviasi. Karena itu, operasional di lapangan juga disesuaikan dengan persyaratan yang berlaku, termasuk pemeliharaan sarana dan fasilitasnya agar menunjang pengendalian mutu produk. Khusus mengenai sarana dan prasarana, Aviasi Pertamina menggunakan sarana penyaringan yang berfungsi mencegah terbawanya suspensi berupa air atau partikel padat.

Penyaringan juga dilakukan secara bertahap dan terus menerus. Elemen filter juga diganti pada kondisi tertentu dan telah memiliki alat indikasi penyumbatan yang disebut Pressure Differential Gauge. Quality Control pada hydrant system harus dilakukan setiap hari yakni dengan melakukan pembersihan dan pemeriksaan kelengkapan hydrant pit di apron. Aviasi Pertamina juga melakukan flushing avtur pada low point secara berurutan.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: