IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   Aplikasi Web Mutasi : Efisiensi Proses Pemutakhiran Data Mutasi

Sejak 4 Juni 2010 lalu, deretan aplikasi ‘front-end‘ bertambah lagi dengan kehadiran Aplikasi Web Mutasi yang diresmikan penggunaannya oleh Narendra Widjajanto -SVP Shared Processing Center (SPC) CSS. Aplikasi yang dikembangkan secara inhouse ini merupakan kerjasama HR Corporate Function dan CSS dalam membuat terobosan efisiensi proses penerbitan SK Mutasi hingga update data di SAP.

aplikasi web mutasiDulu, proses update data mutasi pekerja melalui tahapan dengan aplikasi yang berbeda-beda. Fungsi HR membuat/mencetak SK Mutasi dengan aplikasi Wordprocessing. Setelah SK ditandatangi, kemudian data dimasukkan ke form request dalam bentuk MS-Excel dan dikirimkan via e-mail ke fungsi SPC. Berdasarkan form request ini fungsi SPC melakukan update/entry data dan  validasi dalam SAP. Dengan demikian ada beberapa kali entry data terhadap yang sama, dan banyak potensi terjadi kesalahan. Bahkan tidak jarang terjadi seseorang yang baru dimutasi (seperti dari Unit ke Jakarta) ketika akhir bulan, ternyata gajinya masih di Unit asal…

Dengan layanan baru aplikasi Web Mutasi, proses pembuatan/pencetakan SK Mutasi hingga transaksi data ke SAP diintegrasikan. Melalui aplikasi ini, SK Mutasi dibuat/dicetak di Fungsi HR. Selanjutnya setelah SK ditandatangani, secara system dilakukan release. Maka data mutasi akan langsung masuk sebagai request update di SPC yang tinggal melakukan validasi. Jika sudah valid, secara otomatis akan masuk ke SAP.

Beberapa benefit dari aplikasi ini antara lain, mempercepat dan mempermudah user (HR) dalam melakukan request transaksi data mutasi ke SPC, mengurangi resiko kesalahan entry data ke MySAP, menghilangkan duplikasi proses input data. Dengan demikian proses  perubahan data mutasi menjadi lebih efisien.

Rencana pengembangan berikutnya adalah untuk Web Hiring yang akan berfungsi dalam efisiensi pemutakhiran data pekerja baru, bekerja sama dengan Fungsi Recruitment.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: