IrMarLenZ's Blog











{22 September 2010}   Model Transportasi Baru Pertamina

PT Pertamina (Persero) mengadakan fasilitas pengisian elpiji bersifat dinamis atau stasiun pengisian elpiji 3 kilogram keliling. Hal ini untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan elpiji seiring pelaksanaan program konversi minyak tanah ke elpiji. Mobil pengisian elpiji itu diadakan untuk mendekatkan sumber pengisian elpiji dengan ukuran lebih bervariasi, mulai dari 1 kilogram atau dengan harga mulai Rp 4.000 sesuai dengan daya beli masyarakat. Mobil pengisian tersebut dihadirkan pada saat pameran kinerja Direktorat Pemasaran dan Niaga, Selasa (12/1).

Mobile filling Elpiji diadakan untuk mendekatkan sumber-sumber pengisian elpiji dengan ukuran lebih bervariasi sesuai dengan kemampuan dan daya beli masyarakat terhadap elpiji 3 kilogram. Selain itu, dapat juga mengurangi loss opportunity karena ketidaksesuaian kebutuhan konsumen dengan produk yang didistribusikan serta memberikan variasi layanan kepada konsumen sesuai dengan kebutuhan konsumen dan ketersediaan layanan.

Untuk mobile filling Elpiji tersebut, Pertamina baru mempunyai dua buah, satu merupakan hasil karya anak negeri dan satunya merupakan impor dari India. Pertamina juga menghadirkan truk tangki aluminium yang dilengkapi dengan empat kompartemen, dengan masingmasing kapasitas 8000 liter. Truk tangki yang dapat menampung 32KL bahan bakar minyak tersebut merupakan truk tangki bottom loading sesuai standar internasional.

Menurut Deputi Direktur Pemasaran Pertamina Hanung Budya, truk tangki dengan kapasitas besar dan mampu untuk mengangkut lebih dari satu jenis bahan bakar minyak ini dihadirkan sebagai salah satu langkah efisiensi operasi mobil tangki. “Selain itu, untuk mengoptimalisasikan jumlah dan daya angkut mobil tangki,” cetusnya.

Lebih lanjut, Hanung menjelaskan bahwa mobil tangki tersebut mempunyai retensi pembongkaran kurang lebih 0,02 persen, sedangkan untuk sealing ring sebagai pengaman kontaminasi dan kebocoran inter-kompartemen serta electronic seal untuk mobil tangki standar aluminium alloy.

“Untuk diketahui, mobil tangki alumunium tersebut sudah memenuhi standar emisi EURO 2 dan juga telah menggunakan air suspension dengan system pengereman ABS (antilock breaking system),” ungkap Hanung.

Mobile Filling Unit LGV juga dipamerkan. Mobil ini merupakan sarana pengisian bahan bakar LGV (Vi-gas Pertamina) untuk kendaraan berbahan bakar Vi-Gas, yang dilengkapi dengan tangki LGV, dispenser dan generator setup. Mobile Filling Unit LGV ini dimaksudkan untuk melayani penjualan pada lokasi dimana belum ada SPBU Vi-Gas, namun konsumen terpusat di titik atau lokasi tersebut dan dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain sehingga memudahkan konsumen mendapatkan LGV (Vi- Gas Pertamina).

About these ads


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: